FORSILADI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DIMINTA IKUT BERPERAN DALAM PEMBANGUNAN IKN NUSANTARA

Pemprov Kaltim mengapresiasi terbentuk dan dilantiknya Dewan Pengurus Wilayah Forum Silaturahmi Doktor Indonesia (DPW Forsiladi) Kaltim periode 2022-2027.

Forsiladi memiliki peran besar dalam mendukung pembangunan daerah, tak terkecuali pengembangan percepatan pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Benua Etam.

“Selamat kami ucapkan kepada seluruh pengurus yang baru dilantik. Tentu, pemerintah daerah berharap besar para doktor yang tergabung di organisasi tersebut berperan membangun daerah khususnya percepatan IKN,” ucap Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Reformasi dan Birokrasi Keuangan Daerah H Muhammad Kurniawan mewakili Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor pada pelantikan dan orasi ilmiah DPW Forsiladi Kaltim periode 2022-2027 di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada Samarinda, Senin 17 Januari 2022.

Bagi Kurniawan, keberadaan forum ini dapat menjadi lembaga yang strategis dalam membangun daerah. Karena diisi para akademisi dan ilmuan yang memiliki berbagai kemampuan pengetahuan di masing-masing kompetensinya.

Artinya, apa aja keahlian bidang keilmuan yang dimiliki para dokter, mulai bidang hukum, sosial, politik, ekonomi, kedokteran dan pemerintahan. Melalui lembaga yang dibentuk ini dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, yaitu yang sudah tertanam dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kami harap forum ini segera menyusun program kerja, sehingga dapat diketahui apa saja yang sesuai atau sejalan dengan pemerintah daerah. Pemerintah daerah siap menerima masukan dan saran. Terlebih, mendukung percepatan pembangunan IKN,” jelasnya.

Forsiladi Kaltim dipimpin, Dr H Sudarmo dan Sekretaris Dr Rachmie Sari Baso. Pengurus dilantik oleh Ketua Umum DPP Forsiladi Dr Endang Samsul Arifin.

Ketua Umum DPP Forsiladi Endang Samsul Arifin mengatakan ada 22 provinsi yang diberikan mandat untuk membentuk Forsiladi. Kini Pengurus Forsiladi telah terbentuk 8 DPW atau pengurus termasuk Kaltim.(jay/sul/adpimprov kaltim)