SAMBUTAN KETUA UMUM DALAM BOOK CHAPTER FORSILADI EDISI PERDANA (BIDANG HUKUM)

SAMBUTAN KETUA UMUM

DEWAN PENGURUS PUSAT (DPP)

FORUM SILATURAHMI DOKTOR INDONESIA (FORSILADI)

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan kesehatan, ilmu, dan berbagai nikmat lainnya kepada kita semua. Shalawat beserta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada baginda panutan alam, sosok manusia teladan dalam seluruh aspek kehidupan dan sosok pejuang pengemban risalah kenabian terakhir yaitu baginda Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga, sahabat dan ummatnya hingga akhir zaman.

FORSILADI (Forum Silaturahmi Doktor Indonesia) sebagai badan hukum perkumpulan para doktor lintas keilmuan dan lintas profesi tentunya memiliki visi dan misi yang akan senantiasa menjadi pedoman arah dan gerak langkah organisasi dalam rangka mewujudkan cita cita dan tujuan yang ingin dicapai. Diantara bentuk perwujudan visi dan misi tersebut, salah satunya dapat dilihat dari program kerja dan kegiatan yang dilaksanakan. Diantara sekian banyak misi forsiladi, terdapat dua misi yang saling terkait yaitu membangun kerjasama para doktor dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjadi jembatan penghubung kerjasama para doktor dalam hal riset dan publikasi ilmiah. Oleh karena itulah maka sebagai bentuk perwujudan dari dua misi tersebut, disusunlah sejumlah program kerja DPP FORSILADI yang relevan dan terkait dengannya yang difasilitasi secara langsung oleh penanggungjawab utamanya yaitu Departemen Riset, Teknologi dan Publikasi Ilmiah

Book Chapter FORSILADI dalam bidang ilmu hukum dengan tema : “Rekonstruksi Paradigma dan Sistem Hukum Indonesia di Era Pandemi Covid-19” ini adalah book chapter pertama yang diterbitkan oleh DPP FORSILADI sebagai realisasi dari salah satu program kerja Departemen Riset, Teknologi dan Publikasi Ilmiah yang bekerjasama dengan Departemen Hukum, Advokasi dan HAM DPP FORSILADI. Oleh karena itu maka kehadiran book chapter ini dapat dimaknai sebagai titik awal torehan sejarah FORSILADI dalam membangun kerjasama diantara para doktor dalam hal riset dan publikasi ilmiah, begitu juga dengan bidang ilmu hukum yang dipilih sebagai bidang ilmu pertama yang difasilitasi dalam penyusunan book chapter ini, dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian FORSILADI dalam hal pembangunan dan pengembangan sistem hukum di Indonesia.

Book Chapter ini merupakan kumpulan artikel yang ditulis oleh para doktor lulusan sejumlah perguruan tinggi, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Sebagian besar penulisnya adalah dengan latar belakang ilmu hukum dan ditambah pula dengan sejumlah penulis yang bidang keilmuannya juga terkait erat dengan bidang ilmu hukum. Didalamnya terdapat sejumlah khazanah pemikiran intelektual serta hasil riset dalam bidang ilmu hukum yang sangat relevan dengan kondisi kekinian. Kompetensi keilmuan dan pengalaman masing masing penulis dalam menyusun artikel yang terdapat dalam book chapter ini, tentu saja sangat memperkaya khazanah pemikiran intelektual yang dimiliki oleh bangsa ini, khususnya di kalangan ilmuwan dengan kualifikasi doktor yang tentu saja memiliki tanggungjawab moral dan tanggungjawab intelektual yang sangat berat yaitu harus terlibat secara aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sebagai Ketua Umum, saya menyambut baik terbitnya book chapter FORSILADI bidang ilmu hukum yang merupakan book chapter pertama yang diterbitkan ini. Harapannya kedepan akan terbit pula book chapter book chapter edisi berikutnya, dalam bidang ilmu lainnya yang diterbitkan oleh DPP FORSILADI. Keberadaan para doktor lintas keilmuan dan lintas profesi dari seluruh Indonesia yang bergabung dalam FORSILADI harus menjadi potensi yang bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya untuk kepentingan bersama dengan semangat kolaborasi, sinergi dan harmoni. Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan telah membantu secara langsung maupun tidak langsung dalam upaya penerbitan book chapter ini, khususnya kepada rekan rekan pengurus Departemen Riset, Teknologi dan Publikasi Ilmiah serta Departemen Hukum, advokasi dan HAM DPP FORSILADI yang menjadi panitia inti dalam program ini.  Semoga book chapter ini menjadi torehan sejarah intelektual wujud kepedulian para doktor FORSILADI terhadap bangsa dan negara tercinta ini. Aamiin ya Rabbal Aalamiin.

 

Jakarta, 28 Oktober 2021

 

Dr. Endang Samsul Arifin, S.H.I.,M.Ag.

(Ketua Umum DPP FORSILADI / Forum Silaturahmi Doktor Indonesia)