FORSILADI DKI JAKARTA DILANTIK OLEH KETUA UMUM DPP FORSILADI

Ketua Umum DPP FORSILADI (Forum Silaturahmi Doktor Indonesia) Dr. Endang Samsul Arifin, S.H.I.,M.Ag. resmi melantik kepengurusan DPW FORSILADI Provinsi DKI Jakarta pada hari rabu tanggal 18 Januari 2023, bertempat di Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Pelantikan tersebut dirangkai dengan acara Stadium General Restorative Justice guna mendorong lahirnya UU Restorative Justice sebagai undang-undang hukum pidana ringan tersendiri.

Terkait stadium general tentang restorative justice tersebut, Ketua DPW FORSILADI Provinsi DKI Jakarta Taufiqurakhman mengatakan bahwa FORSILADI sudah menyiapkan tim untuk membedah pasal demi pasal dan meminta dukungan untuk membawa kajian tersebut kepada Prolegnas dan DPR RI untuk bisa memujudkan lahirnya undang-undang restorative justice.

Dorongan mewujudkan lahirnya undang-undang tersendiri bagi restorative justice yang saat telah berjalan, karena aturan yang berjalan saat ini dinilai masih rawan dan masih sangat mungkin terjadi untuk mentersangkakan kembali para pelaku pidana ringan.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Reda Manthovani yang hadir sebagai salah satu narasumber pada acara stadium general tersebut mengatakan bahwa pada saat ini aturan restorative justice masih merupakan aturan masing-masing instansi sehingga masih diperlukan adanya undang-undang tersendiri bagi restorative justice sebagaimana diamanatkan dalam KUHP terbaru Pasal 132 yang merupakan kepentingan negara dan masyarakat.